Panci Cast Iron Berkarat? Begini Cara Mengatasinya

Panci cast iron kamu berkarat? Tenang, jangan buru-buru dibuang. Wajan yang berkarat bukan akhir dari segalanya, sebab masih bisa dikembalikan seperti sedia kala. Itulah hebatnya sebuah wajan cast iron.

Mendengar kata karat pasti terbayang dengan kotor, berbahaya, tidak aman atau rusak. Tapi tidak untuk cast iron. Wajan cast iron tanpa lapisan memang berpotensi berkarat, akan karat pada cast iron sangat mudah dibersihkan. Dan bila sudah bersih, tentu aman kembali untuk dipakai.

Ketika panci cast iron berkarat, sebagian orang segera membuang atau membiarkan karatnya menjadi semakin tebal. Setelah itu, mereka baru mengetahui kalau ternyata karat bisa dibersihkan. Nah, jika wajan cast iron kamu sedang berkarat dan memiliki noda yang sangat membandel, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini ya!

Beri air panas pada cast iron

Loh, bukannya wajan cast iron tidak boleh dicuci saat panas, kenapa ini diminta memberikan air panas? Alasan wajan cast iron tidak boleh dicuci saat panas, selain bisa berpotensi berkarat adalah retak. Saat masih panas lalu terkena air dingin akan terjadi thermal shock dan hal tersebut bisa membuat cast iron retak. Namun dengan memberikan air panas tidak akan memberikan kejutan itu.

Air panas di sini berfungsi untuk merontokkan bekas-bekas karat atau melunakkan sehingga akan lebih mudah ketika disikat nanti.

Cuci menggunakan sabut kawat

Setelah kondisi karat lebih lunak, kamu bisa mulai menggosok menggunakan sabut kawat. Gosok secara menyeluruh dengan keras kemudian bilas dengan air.

Jika masih ada sisa karat, kamu bisa menggosok lagi menggunakan sabut kawat dan diberi sedikit sabun. Setelah karat bersih, bilas dan keringkan menggunakan lap.

Panaskan di oven

Setelah dikeringkan dengan lap, panaskan cast iron di dalam oven di suhu 200-250 C selama 15 menit. Tujuannya adalah supaya cast iron benar-benar kering dan tidak ada air yang tertinggal di pori-pori cast iron.

Olesi minyak

Saat masih panas kamu sudah bisa mengolesi minyak secara tipis-tipis ke seluruh permukaan. Namun, jika masih terlalu panas, kamu bisa menunggu agak dingin baru diolesi minyak. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa mengolesi menggunakan minyak canola. Ulangi step mengolesi minyak jika warna belum sesuai dengan keinginan kamu (belum kembali seperti semula).

Panaskan kembali di oven

Salah satu langkah yang sering terlewat saat perawatan cast iron adalah proses memanaskan kembali di oven. Kebanyakan mengira jika sudah diolesi minyak berarti sudah diseasoning. Padahal seasoning adalah proses mengolesi minyak dan kemudian dipanaskan kembali baik di oven ataupun di kompor.

Jadi setelah diolesi minyak, cast iron harus dipanaskan kembali ke dalam oven selama kurang lebih 1 jam di suhu 250 C. Posisi cast iron terbalik, supaya minyak berlebih sisa seasoning bisa menetes. Untuk melindungi oven, kamu bisa meletakkan aluminium foil di dasar oven ya.

Tunggu dingin

Sebelum di simpan, kamu bisa menunggu cast iron mendingin di dalam oven. Sebab setelah dioven, cast iron akan sangat panas.

Bonus tips: Jika setelah di seasoning warna cast iron belum kembali seperti semula, kamu bisa menseasoning ulang. Lakukan proses mengolesi minyak dan memanaskan selama 2-3 kali menggunakan minyak kanola. Kamu juga bisa melihat tutorial lengkapnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Are you registered? Please log in to leave a comment with your account.