perawatan cast iron
perawatan cast iron

5 Kesalahan Umum Cast Iron yang Harus Dihindari

Cast iron adalah salah satu alat masak yang populer karena kuat dan tahan lama jika dirawat dengan benar. Namun, seringkali dalam proses perawatannya kita melakukan beberapa kesalahan umum yang bahkan kita tidak sadari. Kesalahan ini bisa menimbulkan berbagai masalah seperti karatan atau lengket dikarenakan seasoning yang hilang. Nah, untuk memastikan cast iron kamu tetap awet dan berfungsi dengan baik, berikut ini adalah 5 kesalahan umum cast iron yang harus dihindari.

Mengeringkan Cast Iron Secara Alami

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah mengeringkan cast iron dengan cara alami setelah dicuci. Cara alami di sini adalah membiarkan cast iron mengering dengan sendirinya setelah dicuci. Air yang tertinggal pada permukaan cast iron dapat menyebabkan timbulnya karat. Untuk menghindari hal ini, pastikan kamu mengeringkan cast iron dengan sempurna setelah mencucinya. Caranya, panaskan cast iron di atas kompor atau dalam oven selama beberapa menit hingga benar-benar kering.

Merendam Cast Iron dalam Air

Merendam cast iron dalam air untuk waktu yang lama dapat menyebabkan terbentuknya karat pada permukaan cast iron. Untuk membersihkan cast iron setelah digunakan, cukup gunakan air dan sikat lembut. Jika terdapat sisa-sisa makanan yang sulit diangkat, kamu bisa mencucinya dengan sabut kawat ya. Jangan pernah merendam cast iron dalam air atau bahan cair lainnya ya.

Menyimpan Cast Iron dalam Keadaan Basah atau Lembab

Kesahalan umum cast iron lainnya adalah saat menyimpan cast iron. Menyimpan cast iron dalam keadaan basah atau lembab adalah kesalahan serius yang dapat menyebabkan korosi atau karat. Pastikan cast iron benar-benar kering sebelum disimpan. Jika ingin menumpuk cast iron dengan alat masak lainnya, pastikan alat masak itu dalam keadaan kering. Sebaiknya simpan cast iron di kabinet yang jauh dari aliran air, untuk menghindari kelembababan ya.

Menyimpan Makanan Terlalu Lama di Dalam Cast Iron

Sering kali, setelah memasak makanan dalam cast iron, kita lupa untuk segera memindahkan sisa makanan ke wadah penyimpanan lainnya. Terutama jika makanan berkuah atau mengandung bahan-bahan asam, menyimpannya terlalu lama di dalam cast iron dapat merusak lapisan seasoning. Sebaiknya, segera pindahkan sisa makanan ke wadah lain setelah selesai dimasak.

Mencuci Cast Iron dengan Mesin Pencuci Piring

Mesin pencuci piring menghasilkan air yang sangat panas dan menggunakan deterjen yang kuat, yang dapat merusak lapisan seasoning cast iron. Hindari mencuci cast iron menggunakan mesin pencuci piring karena akan merusak cast iron. Lebih baik cuci cast iron secara manual dengan air dan sikat.

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan umum yang telah disebutkan di atas, cast iron kamu akan tetap awet dan berfungsi dengan baik. Dengan melakukan perawatan yang tepat, kamu dapat terus menikmati masakan lezat dari cast iron. Jika kamu tertarik mencoba cast iron bisa melihat koleksi produk kami atau langsung ke e-commerce kami di link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Are you registered? Please log in to leave a comment with your account.