Bulan Puasa Kok Berat Badanku Justru Bertambah? Simak Penjelasan Berikut Ini

Puasa merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bentuk ibadah, puasa juga dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti membantu menurunkan berat badan. Namun, beberapa orang justru mengalami penambahan berat badan saat bulan puasa. Mengapa hal ini bisa terjadi? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab berat naik saat puasa

Penambahan berat badan saat bulan puasa bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti pola makan yang salah, konsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka, serta kurangnya aktivitas fisik. Apalagi selama Ramadan kamu sering ngabuburit dan jajan makanan manis. Hal itu bisa jadi salah satu penyebab berat badan bertambah meski kamu puasa.

Pola makan yang salah

Hal ini disebabkan karena saat berpuasa, tubuh akan cenderung memperlambat metabolisme. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka puasa bisa menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak lemak, dan akhirnya menyebabkan penambahan berat badan.

Siapa yang berisiko mengalami penambahan berat badan

Orang yang lebih rentan mengalami penambahan berat badan saat bulan puasa adalah mereka yang memiliki pola makan yang tidak sehat atau mengonsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka.

Kapan penambahan berat badan biasanya terjadi

Penambahan berat badan saat bulan puasa biasanya terjadi pada minggu pertama hingga minggu kedua bulan puasa. Hal ini disebabkan karena tubuh masih beradaptasi dengan pola makan yang berbeda saat berpuasa.

Efek penambahan berat badan

Efek penambahan berat badan saat bulan puasa terjadi pada seluruh tubuh, terutama pada area perut, lengan, dan paha.

Cara menghindari penambahan berat badan

Cara terbaik untuk menghindari penambahan berat badan saat bulan puasa adalah dengan mengatur pola makan yang sehat dan seimbang. Konsumsi makanan yang mengandung protein dan serat, serta kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula. Selain itu, jangan lupa untuk tetap berolahraga secara teratur.

Jadi, penambahan berat badan saat bulan puasa bisa terjadi karena pola makan yang salah, konsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka, serta kurangnya aktivitas fisik. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, serta tetap berolahraga secara teratur selama bulan puasa. Selamat menjalankan ibadah pu

BACA LAINNYA

Panci cast iron

Benarkah Panci Cast Iron Lebih Sehat?

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Are you registered? Please log in to leave a comment with your account.

id_IDIndonesian