tips masak daging empuk
Helsinki Skillet

Cara Membuat Steak Daging Sapi Rumahan dengan Sempurna Menggunakan Cast Iron SKITCHEN

Apakah Anda ingin menciptakan kenikmatan steak daging sapi di rumah dengan cita rasa sempurna seperti di restoran? Tidak perlu khawatir, kami akan membocorkan rahasia cara membuat steak daging sapi rumahan yang lembut, juicy, dan beraroma menggoda dengan menggunakan alat masak cast iron dari SKITCHEN.

Persiapan Bahan-Bahan

  • Pilih potongan daging sapi yang berkualitas seperti sirloin, ribeye, atau tenderloin. Bisa juga gunakan daging Meltique untuk pilihan daging berlemak tinggi namun harga terjangkau.
  • Pastikan daging sudah mencapai suhu ruang sebelum dimasak untuk memastikan hasil yang merata. Keluarkan dari kulkas setidaknya 1 malam sebelum dimasak jika masih beku.
  • Rendam daging dalam campuran bumbu dan marinasi pilihan Anda. Bumbu klasik seperti garam, merica, dan bawang putih, atau campuran bumbu favorit Anda, bisa memberikan karakter rasa yang khas pada steak. Pastikan dilakukan setidaknya selama 1 jam agar rasa benar-benar meresap

Pemanasan Cast Iron SKITCHEN

Panaskan cast iron SKITCHEN Anda di atas kompor dengan api sedang-tinggi. Gunakan minyak seperti minyak zaitun. Pastikan panci benar-benar panas sebelum memasak untuk mencapai hasil karamelisasi yang sempurna pada permukaan steak.

Memasak Steak

  1. Letakkan Steak di Cast Iron SKITCHEN: Letakkan steak secara perlahan di tengah cast iron yang sudah dipanaskan. Biarkan selama 2-3 menit untuk menciptakan kerak karamelisasi yang sempurna pada permukaan steak.
  2. Balik Steak: Setelah permukaan steak berwarna kecoklatan, balikkan steak dengan hati-hati untuk memasak sisi lain. Masak sesuai selera hingga mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, misalnya medium-rare, medium, atau well-done. Berikut adalah waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan kematangan yang diinginkan untuk daging setebal 2.5 cm.
    • Medium Rare: 3 menit per sisi
    • Medium: 4.5 menit per sisi
    • Well Done: 5.5 menit per sisi
  3. Diamkan: Setelah dimasak, angkat steak dari cast iron dan biarkan selama paling tidak 15 menit untuk beristirahat sebelum dihidangkan. Proses istirahat ini akan memastikan agar sari-sari alami dalam daging merata dan memberikan hasil yang lembut dan juicy. Hindari untuk memotong steak langsung setelah dimasak karena akan menyebabkan sari-sari daging bocor dan membuat daging kering.

Penyajian

Hidangkan steak dengan saus pilihan Anda, seperti saus lada hitam, saus jamur, atau saus barbekyu. Sajikan dengan pilihan sampingan seperti kentang panggang, sayuran panggang, atau salad segar.

Rekomendasi Produk Cast Iron Untuk Membuat Steak Di Rumah

Berikut adalah rekomendasi produk SKITCHEN yang paling cocok digunakan untuk memasak daging steak di rumah.

Rio Reversible Grill by SKITCHEN Cast Iron memiliki dua jenis permukaan (grill dan griddle) dan bisa digunakan bolak balik
Stockholm Skillet Large by SKITCHEN Cast Iron memiliki permukaan yang rata untuk menghasilkan daging steak yang juicy

Dengan mengikuti panduan cara membuat steak sederhana ini dan menggunakan alat masak cast iron SKITCHEN, Anda dapat menciptakan steak daging sapi rumahan yang lezat dan menggugah selera seperti di restoran. Selamat mencoba dan nikmati kenikmatan kuliner istimewa di rumah bersama keluarga dan teman-teman terdekat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Are you registered? Please log in to leave a comment with your account.