Makan Malam Bikin Berat Badan Naik?

Makan malam adalah salah satu waktu yang seringkali menjadi perdebatan di kalangan masyarakat terkait apakah dapat membuat berat badan naik atau tidak. Beberapa orang berpendapat bahwa makan malam dapat menyebabkan penambahan berat badan, sedangkan yang lain beranggapan bahwa tidak berpengaruh terhadap kenaikan berat badan. Simak artikel ini sampai selesai untuk lebih jelasnya ya.

Penyebab Kenaikan Berat Badan

Pada dasarnya, peningkatan berat badan terjadi ketika asupan kalori yang dikonsumsi lebih besar dari pada jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh. Jadi, jika seseorang makan lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan tubuh, maka tubuh akan menyimpan kelebihan kalori tersebut dalam bentuk lemak, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi, termasuk makan malam.

Waktu makan tidak menyebabkan kenaikan berat badan

Waktu makan bukanlah penyebab kenaikan berat badan. Penting untuk dicatat bahwa bukan waktu yang menyebabkan kenaikan berat, tetapi jumlah kalori yang dikonsumsi saat makan. Jika makan malam mengandung banyak kalori dan lemak, maka akan berdampak pada penambahan berat badan. Namun, jika menu disusun dengan baik dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh, maka makan malam sebenarnya dapat membantu menjaga keseimbangan kalori dan mencegah kenaikan berat badan.

Perhatikan menu saat makan

Meski makan malam bukan menjadi penyebab utama, akan tetapi jika tidak memperhatikan asupan kalori ini justru akan menjadi penyebab utama lo. Oleh karena itu penting sekali memperhatikan menu makanan yang bisa dikonsumsi. Pilih sayuran, buah-buahan, ikan, ayam, atau daging tanpa lemak. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak jenuh, gula tambahan, dan karbohidrat sederhana, seperti makanan cepat saji, kue-kue, dan minuman manis.

Beri jeda dengan waktu tidur

Faktor lain yang bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan adalah tidak adanya jeda antara makan malam dengan waktu tidur. Hal ini bisa menganggu proses metabolisme tubuh. Sebaiknya makan 2-3 jam sebelum waktu tidur untuk memberikan waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan sebelum istirahat.

Secara keseluruhan, makan malam tidak secara langsung menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, konsumsi kalori dan jenis makanan yang tidak seimbang dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Daripada pusingin jam waktu makan mendingan belajar masak yuk. Dengan memasak di rumah, kamu dapat lebih mudah mengontrol bahan dan porsi makanan lho. Hal ini membantu mengurangi kalori dan meningkatkan nutrisi makananmu secara signifikan. Untuk menemani aktivitas memasak, kamu bisa mencoba panci cast iron dari SKITCHEN. Sebab ini lebih sehat dan semakin sering dipakai bisa anti lengket alami. Alhasil, buat kamu yang sedang mengurangi konsumsi minyak, cast iron bisa jadi pilihan.

Buat kamu yang tertarik mencobanya, kamu bisa mulai dari yang paling kecil dulu. Skimin rekomendasikan Stockholm Skillet Small. Ini cocok buat tumis-tumis atau hanya sekedar ceplok telur ya. Bisa di beli di sini.

BACA LAINNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Are you registered? Please log in to leave a comment with your account.