Foto: Pexels.com

Tips Tetap Produktif Setelah Libur Lebaran

Libur Lebaran telah usai! Saatnya kembali ke aktivitas dan mulai bekerja seperti biasa.

Momen libur Lebaran pasti sangat dinantikan oleh semua orang. Apalagi setelah dua tahun tidak diizinkan mudik, euforia libur Lebaran kali ini lebih terasa. Namanya libur Lebaran pasti hanya berlangsung beberapa hari saja, rutinitas ini pasti akan berakhir dan mau tidak mau harus kembali ke aktivitas semula.

Nah, supaya kamu tetap semangat, fokus dan kembali produktif setelah liburan, yuk simak tips ini sampai selesai.

Ubahlah Mindset

Selama libur, kamu mungkin terbiasa bersantai di rumah dan menikmati waktu senggang bersama keluarga. Setelah kembali beraktivitas, kamu bisa saja merasa tidak nyaman dan kesulitan untuk fokus. Di sini kamu membutuhkan sikap disiplin yang tinggi agar kembali produktif.

Kamu harus meyakinkan diri sendiri untuk fokus pada pekerjaan yang menumpuk selama ditinggal libur agar bisa selesai tepat waktu.

Ubahlah mindset dengan memperingatkan diri sendiri “Yuk, saatnya bekerja! Liburan telah usai!” untuk menyemangati diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dan bisa tetap produktif.

Buatlah Daily Stand Up

Setelah berlibur kamu mungkin bingung harus melakukan apa dulu, karena semua pekerjaan terasa penting dan banyak. Untuk itu, kamu perlu membuat daily stand up agar membantu menyelesaikan pekerjaan kamu lebih terarah.

Kamu bisa membuat daily stand up setiap pagi sebelum memulai bekerja. Lakukan pekerjaan dari yang paling ringan ke pekerjaan yang paling berat. Tapi ingat, tetap perhatikan urgensi dari masing-masing pekerjaan ya.

Sebaiknya hindari memaksakan diri untuk mengerjakan semua secara sekaligus untuk menghindari stres.

Berinteraksi dengan Rekan Kerja

Selama lebih dari tujuh hari berpisah dengan rekan kerja kamu pasti senang karena bisa bertemu kembali. Nah, manfaatkan ini untuk menaikkan produktivitas kamu di kantor.

Kamu bisa mulai dengan berbagi cerita mudik, liburan, saling bermaafan hingga tukar oleh-oleh. Dengan begitu, kamu bisa lebih bersemangat untuk kembali bekerja.

Bawa Bekal Makanan yang Bergizi

Supaya kamu tidak lesu saat hari pertama bekerja, kamu juga bisa menyiapkan bekal makanan yang bergizi. Ini membantu menaikkan mood dan semangat kamu di kantor lo.

Sebaiknya hindari mengkonsumsi kafein yang berlebih terutama dalam kondisi setelah bepergian jauh. Menurut tirto.id, kafein dipercaya bisa menghambat waktu istirahat di malam hari dan menyebabkan tubuh menjadi lesu di hari berikutnya.

Pilihlah minuman herbal atau teh yang bisa membantu tubuh lebih bugar dan berenergi.

Jalani Olahraga Ringan

Kembali bekerja bukan berarti kamu lupa untuk berolahraga ya. Agar tubuh kamu bisa lebih produktif, sebaiknya tetap melakukan olahraga ringan di pagi hari.

Kamu bisa memulai dengan bangun lebih pagi dan melakukan olahraga seperti jalan kaki, jogging atau bersepeda.

Di sore hari kamu juga bisa berolahraga yang lebih berat seperti ke gym atau berenang. Ini bisa membantu menghilangkan stres kamu lo. Tubuh pun menjadi lebih bugar dan bisa kembali produktif seperti sedia kala.

Selamat mencoba dan semangat kembali bekerja!

Leave a Reply

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Are you registered? Please log in to leave a comment with your account.